Kabid Gakprokumda Satpol PP Provinsi Jawa Tengah dinobatkan sebagai Lulusan Terbaik Diklat PPNS Tahun 2019

 

Kamis tanggal 01 Agustus 2019 bertempat di Aula Arjuna Diklat Reserse Megamendung Bogor dilaksanakan penutupan Diklat PPNS Penegak Perda Kementrian Dalam Negeri R.I. Gelombang III  Angkatan LXXXII T.A. 2019.

Kabid Gakprokumda Satpol PP Provinsi Jawa Tengah (Tubayanu, AP, M.Si) yang mengikuti kegiatan tersebut mendapat penghargaan & medali sebagai Lulusan Terbaik dengan nilai 80,817, dengan peserta berasal dari perwakilan Satpol PP seluruh Indonesia.

Penutupan Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pejabat dari Diklat Reserse Polri, Korwas PPNS Bareskrim dan dari perwakilan dari Kementian Dalam Negeri R.I.

Dalam sambutanya pejabat Kemendagri diantaranya menyampaikan bahwa Masalah keamanan dan ketertiban erat kaitannya dengan tugas-tugas kepolisian terutama dalam langkah-langkah penindakan penertiban lingkungan ataupun area yang tidak sesuai dengan peruntukannya yang dilakukan oleh sebagian masyarakat sehingga melanggar peraturan daerah.

Disisi lain  tindakan yang dilakukan oleh Satpol PP dengan tujuan menertibkan lingkungan sering kontradiksi dengan masyarakat, tidak sedikit yang berujung demonstrasi dan bentrok .

Oleh karena itu  Polisi Pamong Praja harus dibekali dengan wawasan atau ilmu tentang penyidikan tindak pidana ringan  hal ini penting untuk mendukung tugas dari Satpol PP sebagai penegak Perda terutama dalam hal usaha paksa, sehingga tindakan tersebut akan sah dimata hukum dan mengurangi atau menekan terjadinya praperadilan.

Sekali lagi perlu disiapkan sumber daya manusia yang sesuai dengan tuntutan tugas sebagai penegak perda dengan mengikuti Diklat Penyidik dengan harapan langkah-langkah dan pelaksanaan pengamanan dan penyidikan sesuai dengan prosedur sah menurut hukum dan tidak menimbulkan dampak yang lebih besar