Ungkap Persiapan Perayaan HUT Satpol PP dan Linmas

Kota Pekalongan, Info Publik – Tinggal menghitung hari lagi pelaksanaan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan HUT ke-57 Perlindungan Masyarakat (Linmas) tahun 2019 se-Jawa Tengah yang akan diselenggarakan di Kota Pekalongan pada 20-21 Februari 2019. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Pekalongan dan Provinsi Jawa Tengah untuk menyukseskan acara yang mengusung tema Merawat Bhineka Tunggal Ika Demi Indonesia ini.

Wali Kota Pekalongan, HM Saelany Mahfudz SE bersama Kepala Bidang Pembinaan Satuan Perlindungan Masyarakat Sapol PP Provinsi Jawa Tengah, Tri Harso Widirahmanto SH dan Kepala Satpol PP Kota Pekalongan, Dr Sri Budi Santoso mengungkap kesiapan perayaan HUT Satpol PP dan Linmas di Kota Pekalongan pada acara Expose di Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Batik TV Kota Pekalongan, Senin (18/2/2019).

Wali Kota Pekalongan, HM Saelany Mahfudz SE mengungkapkan bahwa penyelenggaraan HUT Satpol PP dan Linmas ini atas sinergitas dan kerja sama Pemerintah Kota Pekalongan dan Provinsi Jawa Tengah. Instansi atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Pekalongan ikut mengambil peran sesuai bidangnya untuk menyukseskan HUT Satpol dan Linmas. “Pemerintah Kota Pekalongan berupaya memberikan yang terbaik untuk 3.000 tamu dari 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah yang akan datang ke Kota Pekalongan, dengan sambutan yang baik tentunya suatu saat pada kesempatan yang lain mereka akan datang kembali ke Kota Pekalongan,” terang Saelany.

Banyaknya tamu yang datang ke Kota Pekalongan memberikan pengaruh positif bagi perhotelan di Kota Pekalongan, bahkan hotel di Kabupaten Batang juga mendapatkan keuntungan dalam perayaan ini.”Jelang Pemilu 2019 ini, harapannya HUT Satpol dan Linmas dapat menjadi virus pemersatu sesuai dengan tema yang diusung yakni Merawat Bhineka Tunggal Ika Demi Indonesia. Di Kota Pekalongan ini ada beragam etnis yang selama ini dapat hidup rukun antar etnis dan umat beragama, usai pemilu ini semoga tetap rukun dan terjaga silaturahminya,” papar Saelany.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Satuan Perlindungan Masyarakat Sapol PP Provinsi Jawa Tengah, Tri Harso Widirahmanto SH menyampaikan bahwa perayaan ini menjadi momentum Satpol PP se-Jawa Tengah untuk meningkatkan kapasitas, integritas, dan soliditasnya menegakkan perda, menyelenggarakan ketertiban umum, dan ketenteraman masyarakat khususnya menjelang Pemilu 2019. “Pada upacara nantinya yang bertindak sebagai inspektur upacara yakni Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo, yang bertindak sebagai perwira upacara yakni Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Tengah dan Kepala Satpol PP Kota Pekalongan,” jelas Tri.

Dikatakan Tri, penyelenggaraan HUT Satpol PP dan Linmas tahun ini menekankan pada pembentukan mental dan spiritual melalui tes pengendalian kecerdasan emosi dan spiritual, menghadirkan Habib Lutfi untuk memberikan wawasan kebangsaan, dan penguatan soliditas melalui api unggun dan pesta kembang api.”Lomba yang akan diselenggarakan pun beragam seperti lomba defile, permainan tradisional, tenis meja, voli, dan sebagainya. Harapan saya, HUT Satpol PP ini bisa berjalan dengan lancar, mampu meningkatkan soliditas anggota Satpol PP dan Linmas,” ujar Tri.

Kendati demikian Kepala Satpol PP Kota Pekalongan, Dr Sri Budi Santoso (SBS) mengaku siap menyambut dengan antusias gelaran HUT Satpol PP dan Linmas. Menjadi tuan rumah menjadi kebanggaan bagi Pemerintah Kota Pekalongan. Masing-masing OPD melaksanakan perannya dalam kegiatan ini, segala persiapan sudah dilakukan untuk menyukseskan perayaan ini.”Perkiraan akan ada 250 kendaraan yang parkir di halaman Stadion Hoegeng Kota Pekalongan dan sekitarnya, kami sudah berkoordinasi dengan dinas perhubungan untuk penataan parkir. Tak hanya itu untuk kesiapan Stadion Hoegeng dan penampilan khas Kota Pekalongan kami koordinasikan dengan dinas pariwisawa, kebudayaan, kepemudaan, dan olahraga, terkalit kebersihan juga sudah kami koordinasikan dengan dinas lingkungan hidup, dan koordinasi lainnya dengan OPD terkait terus kami lakukan,” ungkap SBS.

Untuk kesiapan lain Pemerintah Kota Pekalongan dan Provinsi Jawa Tengah sudah bertemu dengan Habib Lutfi, meminta beliau untuk memberikan wawasan kebangsaan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan anggota Satpol PP. SBS juga telah menyiapkan anggota atau tim dari Satpol PP Kota Pekalongan untuk turut dalam serangkaian agenda di HUT Satpol dan Linmas ini. Di samping itu juga ikut melakukan pengamanan bersama Dinas Perhubungan Kota Pekalongan. “Harapannya seluruh elemen masyarakat dapat menyambut gembira perayaan ini, dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan,” pungkas SBS.

Sumber : https://jatengprov.go.id/beritadaerah/ungkap-persiapan-perayaan-hut-satpol-pp-dan-linmas/